Sabtu, 20 Februari 2010

PROSES PEMBELAJARAN PEMANFAATAN INTERNET
Lompat ke Komentar
Dengan maraknya kasus penculikan atau kejahatan yang bermula dari berkembangan situs jejaring sosial ini, hal ini membuktikan bahwa kemajuan teknologi saat ini harus pula di dukung oleh pengetahuan dan wawasan yang cukup bagi usernya.


Sebagaimana kita ketahui, bahwa korban kejahatan atau penculikan yang belakangan ini marak, sebagian besar berasal dari kalangan generasi muda, atau kalangan remaja, yang segala sesuatunya ingin serba tahu dan penasaran untuk mencoba tanpa mengetahui akibat atau dampak yang akan ditimbulkannya.

Jelas sudah bahwa pada akhirnya selain karena kemajuan dari teknologi itu sendiri, hal ini karena kurangnya pengetahuan dan wawasan yang dipelajari oleh user terutama dampak dari sebuah situs pertemanan seperti Facebook ini.

Tapi bukan hanya itu saja, dampak lain dari perkembangan internet juga ternyata masih banyak belum dipahami sepenuhnya oleh masyarakat.

Wawasan tentang internet, pemanfaatannya dan dampaknya masih jarang diketahui oleh masyarakat dibandingkan dari gebyarnya sebuah situs pertemanan itu sendiri.

Contohnya di lingkungan pendidikan saat ini, adanya kurikulum pengetahuan dan teknologi hanya mengulas tentang cara-cara dan menggunakannya saja.

Tapi jarang membahas tentang dampak negatif dari sebuah kemajuan teknologi terutama melalui internet.

Selain itu juga karena kurangnya pemahaman tentang teknologi yang bisa membuat merugikan banyak orang tapi juga bisa sangat berguna untuk siapa saja yang menggunakan dengan bijaksana.

Kalo kita lihat dari kasus yang marak belakangan ini dimana korbannya adalah sebagian besar dari kalangan remaja, jelas membuktikan bahwa mereka hanyalah user biasa yang tidak mengerti tentang dampak positif dan negatif dari sebuah kemajuan internet.

Mereka kurang paham tentang hal-hal negatif yang justru di timbulkan karena ulah kita sendiri yang terlalu terbuka dalam menjalin pertemanan pada sebuah jejaring sosial ini.

Saatnya sekarang kita harus bisa memberikan pengetahuan secara benar dan komplit kepada user agar mereka tidak salah dalam memanfaatkan internet atau dimanfaatkan oleh orang lain.

Internet memang adalah sebuah dunia maya, tetapi di dunia maya inilah kita bisa bebas melakukan apa saja yang kita inginkan.

Namun seperti halnya di dunia nyata, pada dunia maya juga ada berbagai macam hal positif dan negatif yang harus kita ketahui untuk kita hindari agar tidak membawa dampak yang buruk terhadap diri kita.

Yang seharunya menjadi bermanfaat, malah justru menjadi sesuatu yang merugikan orang banyak termasuk kita sendiri.

Karena itu kemajuan teknologi dan informasi ini harus dibarengi juga oleh informasi yang jelas tentang segi negtif serta positif dari perkembangan tersebut.

Sehingga dengan demikian diharapkan user dapat lebih bijaksana dalam memanfaatkan sarana komunikasi di dunia maya ini menjadi lebih berguna bagi dirinya dan semua orang.

Adalah tugas kita semua untuk memberikan penjelasan dan informasi yang berguna kepada para user terutama mereka yang masih baru dalam hal pemanfaatan internet ini.

Pengawasan orang tua, guru, dan masyarakat adalah salah satu sarana yang bisa sedikit meredam gejala negatif dari sebuah kemajuan teknologi.

Namun dengan adanya informasi yang cukup serta melihat kenyataan yang ada, diharapkan pada akhirnya akan juga membawa pengaruh yang positif bagi setiap individu pengguna internet tersebut.

Internet bisa sangat berguna bagi kita, tetapi internet juga bisa menjadi sangat jahat bila kita salah menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar